Minggu, 13 Januari 2019

Wakil Bupati Bogor: Ini Kesempatan Persikabo Main di Liga 1

KumparanCom - Selamatnya PS Tira di Liga 1 musim 2018 dari ancaman degradasi, membuat mereka tengah bersiap untuk menatap musim selanjutnya. Sebagai bentuk persiapan, manajemen langsung bergerak dengan mendatangkan pelatih nasional sekaliber Rahmad Darmawan.
.
Nantinya, Rahmad diberi target untuk bisa membawa The Army finis di lima besar Liga 1. Selain faktor teknis, manajemen juga mempersiapkan faktor-faktor penunjang untuk PS Tira berlaga di kompetisi musim depan.
.
Salah satu kabar yang berembus adanya merger antara PS Tira dengan klub asal Bogor, Persikabo. Banyak faktor yang membuat isu ini menjadi kuat.
Pertama, kembalinya PS Tira untuk bermain di Stadion Pakansari musim depan. Ya, setelah musim lalu berlaga di Stadion Sultan Agung Bantul, kini Rahmad Darmawan dan anak asuhnya akan berlaga di stadion yang terletak di Kabupaten Bogor tersebut.
Kemudian, faktor yang membuat isu bergabungnya PS Tira dengan Persikabo ini menjadi kuat adalah unggahan dari Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan. Melalui akun instagram pribadinya, Iwan menulis bila Persikabo akan berlaga di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia. Pada musim lalu, Persikabo berlaga di Liga 3 Nasional.
.
"Beberapa hari terakhir banyak yang bertanya ke saya tentang Persikabo. Saya akan memastikan bahwa sejarah tidak akan hilang dan ini merupakan kebangkitan dan kesempatan Persikabo untuk bermain di kompetisi tertinggi sepak bola tanah air (Liga 1)," tulis Iwan dalam akun pribadinya @iwansetiawan.70.
.
Dalam postingan itu, Iwan juga berfoto dengan Presiden PS Tira Bimo Wirjasoekarta, kemudian Junaidi Samsudin selaku Ketua Askab PSSI Kabupaten Bogor dan elemen pendukung Persikabo.
Meski demikian, isu merger coba dipatahkan oleh manajemen PS Tira. Melalui sekretarisnya, Yandri, PS Tira membantah telah menyatu dengan Persikabo.
.
"Jadi begini, kami kan untuk musim 2019 kembali ke Kabupaten Bogor. Kami juga akan memakai homebase di Stadion Pakansari. Artinya untuk musim 2019, kami akan mengubah nama dengan embel-embel Kabupaten Bogor. Ini bukan merger dengan Persikabo. Persikabo tetap ada," ucap Yandri.
.
Niat dari PS Tira untuk bermain di Bogor tak lepas dari upaya mereka memajukan sepak bola Kota Hujan tersebut. Apalagi, PS Tira memiliki cita-cita untuk jadi klub profesional dengan memiliki tim dengan jenjang usia yang ada di bawahnya.
.
"Mungkin Pemerintah Kabupaten Bogor yang sudah berkomunikasi dengan Persikabo. Untuk nama, kami belum bisa sebutkan apa, mungkin nanti pas launching pemain," ujar Yandri.
"Proyek ini demi kebaikan sepak bola Kabupaten Bogor. Kami juga sudah berkomunikasi dengan suporter-suporter di sana," tutup Yandri.